-->

Mengintip Kamar Tidur Maestro Basoeki Abdullah


Museum Basoeki Abdullah (Foto: Gedoor)


Museum Basoeki Abdullah

Sebuah rumah dengan dua lantai yang terletak di Jalan Keuangan Raya No.19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, ini adalah Museum Basoeki Abdullah. Bangunan beserta koleksinya ini adalah hibah dari sang empunya yang dituliskannya dalam surat wasiat lima bulan sebelum ia meninggal dunia.

Meskipun sudah diberikan kepada negara sejak 1995, secara resmi museum ini baru diresmikan sejak 2001. Berbagai koleksi milik almarhum, berupa patung, wayang, topeng, cinderamata, dan 3.000 buah buku pribadi ditata apik dalam beberapa ruangan di rumah ini.

Di lantai satu, pengunjung dapat melihat foto-foto yang menjelaskan kegiatan Basoeki Abdullah semasa hidupnya sebagai seorang pelukis. Ada pula piagam penghargaan yang pernah diraihnya, dan beberapa koleksi pribadi.

Di salah satu sudut lantai satu, terdapat sebuah ruangan memorial Basoeki Abdullah. Di ruangan inilah para pengunjung dapat melihat ruang tidur almarhum selama hidupnya yang masih ditata seperti aslinya. Selain itu, ada pula berbagai benda pribadi almarhum, seperti sikat gigi yang pernah digunakan. Ruangan inilah yang digunakan Basoeki Abdullah untuk beristirahat, membaca, dan beribadah.

Di lantai dua barulah pengunjung dapat menikmati ruang pameran lukisan. Ruang pameran ini terbagi menjadi beberapa tema yang disesuaikan dengan hasil karya sang maestro. Tema-tema tersebut, di antaranya adalah pemandangan alam, manusia, potret, model, dan abstrak. Anda dapat mengunjungi museum ini tiap Selasa hingga Minggu dari pukul. 08.00-15.00 WIB dengan membayar biaya masuk sekira Rp2.000 

[sumber:okezone.com]

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar